Tips supaya rumah terhindar dari sambaran petir

  • 2

Tips supaya rumah terhindar dari sambaran petir

Tags : 

Bagaimana dan Tips supaya rumah terhindar dari sambaran petir

Indonesia merupakan negara dengan intensitas petir yang tinggi karena negara ini mempunyai semua bahan yang diperlukan petir untuk membentuk diri sangat melimpah, terlebih jika melihat geografis Wilayah Indonesia, juga Seperti udara naik, kelembaban dan partikel bebas atau aerosol. Oleh sebab itu sangat tidak mengherankan jika Indonesia merupakan salah satu tempat di dunia yang memiliki hari sambaran petir tertinggi.

Baca juga: Perlindungan televisi rumah dari sambaran petir dengan penangkal petir

Bahkan Indonesia memiliki wilayah favorit sambaran petir, diantaranya :

1. Kota Bogor

Bogor identik dengan sebutan kota hujan, karena curah hujan pertahunnya rata-rata 2.500 mm – 4.400 mm. Kota yang dikelilingi Gunung Salak, Pangrago dan Gunung Gede ini memiliki kelembaban cukup tinggi, yakni sekitar 40 %, dengan suhu rata-rata 26 derajat celcius. Konon dalam 365 hari setahun, sambaran petir terjadi di langit Bogor sekitar 322 hari.

2. Kalimantan Tengah

Propinsi ini memiliki sambaran petir yang sangat tinggi, hal ini disebabkan awan petir yang terbentuk relatip rendah yakni sekitar 900 kaki saja dari permukaan tanah. Potensi terjadinya petir semakin besar karena tafografi daerah ini datar dan tingkat elevasinya rendah. Stasius Badan Meteorologi dan Geofisika Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya mencatat sambaran petir di daerah ini bisa mencapai 90 ribu kali sehari, baik sambaran dalam awan sendiri (dari awan ke awan, dari awan ke udara) atau dari awan ke tanah. Dalam bulan November 2007 lalu rata-rata tiap hari di wilayah Kalimantan Tengah terjadi 17.385 kali sambaran petir atau setiap menit terjadi sambaran petir sebanyak 12,1 kali. Sambaran petir tertinggi pada bulan itu mencapai 95.855 kali per hari dan terendah 63 kali per hari. Tingginya frekuensi petir ini membuat Kalimantan Tengah di juluki Tanjung Nyaho, dalam bahasa Dayak, Nyaho artinya petir.

3. Depok

Bila di Kalimantan Tengah sambaran petir paling banyak, maka di Depok petir menyambar dengan energi paling tinggi di dunia. Arus petir negatif di Depok mencapai kekuatan 379,2 kiloampere, sedang arus positifnya mencapai 441,1 kilo ampere. Dengan kekuatan sehebat itu, satu sambaran bisa menghancurkan bangunan yang terbuat dari beton sekalipun.

Petir yang menyambar rumah tidak hanya merugikan karena bisa merusak berbagai alat elektronik tapi juga mengancam keselamatan penghuni. Karena itu, buat rumah lebih aman dengan terbebas dari ancaman tersebut.

Mengutip berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara melindungi rumah dari bahaya sambaran petir.

#Pastikan instalasi listrik tidak bermasalah

Penting untuk memeriksa instalasi listrik di rumah. Jangan sampai ada kabel yang terkelupas, arus pendek, atau hal apapun yang bisa mengundang sambaran petir. Pastikan arus listrik di rumah terlindungi dan aman. Terlebih saat sedang hujan disertai petir, cabut alat-alat yang bisa memicu sambaran petir.

Pencabutan alat-alat, khususnya alat elektronik, ini perlu dilakukan sebab meski teknologi sudah canggih, di mana kebanyakan alat elektronik memiliki fitur khusus agar tidak tersambar petir, tetap akan jauh lebih aman jika daya atau arus listriknya dicabut.

Baca juga: Mengapa penangkal petir menggunakan logam yang runcing?

#Lindungi konduktor

Apapun yang bersifat konduktor di rumah, harus dilindungi dengan baik. Sebab seperti kita tahu, konduktor adalah penghantar arus listrik yang baik. Di sisi lain, petir merupakan energi besar berupa listrik yang bisa bergerak merusak, membakar, dan membahayakan manusia lewat konduktor seperti air, pipa logam, kabel, dan sejenisnya.

Selain melindungi konduktor, sebaiknya Anda juga jangan melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan konduktor saat hujan petir terjadi. Aktivitas yang dimaksud bisa berupa mencuci, mandi, dan sebagainya.

#Pangkas pohon besar dekat rumah

Seperti sudah dijelaskan di atas, petir bisa menyambar apa saja, termasuk pohon. Petir yang menyambar pohon ini sebenarnya tidak berdampak langsung pada rumah dan penghuni di dalamnya.

Tapi, tidak demikian dengan imbasnya. Pohon yang tersambar petir bisa tumbang, bahkan terbakar. Maka akan sangat berbahaya jika pohon yang tersambar petir berada dekat rumah.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya Anda rutin memangkas pohon besar yang tumbuh di dekat rumah. Jadi, ketika pohon itu tersambar petir, dahan yang tumbang dan terbakar tidak mengenai rumah.

#Pakai penangkal petir

Indonesia bisa dibilang surganya petir. Soalnya, wilayah Nusantara yang terdiri dari darat, laut, dan udara terbentang luas sepanjang 5.110 kilometer dari barat hingga ke timur khatulistiwa. Garis meridiannya sendiri membujur dari utara ke selatan sepanjang 1.888 Km.

Luas wilayah darat dan laut Indonesia ini membuat semua unsur pembentuk petir tersedia dalam jumlah yang melimpah. Karena faktor di atas, sangat dianjurkan untuk memasang penangkal petir eksternal dan internal.

Untuk rumah bertingkat, penangkal petir bisa dipasang di ujung bagian tertinggi rumah. Selain itu, sebaiknya rumah juga dilengkapi penangkal petir internal yang dipasang di panel listrik atau setiap barang elektronik. Cara ini bisa meminimalisir dan melindungi rumah dari bahaya sambaran petir.

Jika melihat tabel di atas maka kita dapat mengetahui daerah mana saja yang mempunyai curah petir yang tinggi sehingga kita dapat segera mengatasi ancaman bahaya petir yang selalu membayangi kita. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya dampak yang kurang baik dari sambaran petir yaitu dengan cara memasang instalasi penangkal petir Thomas yang telah teruji kualitasnya dan sudah banyak digunakan di instansi intansi besar, baca : referensi proyek.

 

Sumber: liputan6.com

www.penangkalpetir.com www.lightningprotection.co.id, www.petir.net


About Author

Penangkal Petir

PT. Denata Persada Office : Griya Denata, Jl. Salihara no.42 B pasar minggu jakarta selatan 12540, Telp : 021- 78847212, 021-7807224 , 021-26722525 Fax : 021- 78846632, 021-45589897 E-mail Corporate : denatapersada@yahoo.com E-Mail Marketing : adm.marketing@denatapersada.co.id

2 Comments

Teddi

May 25, 2018at 2:41 pm

Artikelnya membantu sekali, terima kasih tips nya

Akibat sambaran petir, satu unit rumah warga terbakar

May 28, 2018at 11:59 am

[…] Baca juga: Tips supaya rumah terhindar dari sambaran petir […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Login Forum


Denata


Penangkal Petir

Selamat Datang di website PT.Denata persada. Kami adalah perusahaan kontraktor yang bergerak di industri sistem penangkal petir. Dan kami telah berpengalaman sejak tahun 1986 untuk menangani ribuan proyek di Indonesia.

Untuk Penawaran Dan permintaan Instalasi sistem proteksi anti petir,silahkan isi Form:

Harga Penangkal Petir

atau hubungi kami di line telp:

Kantor : +622178847212 / +62217807224
Fax Kantor : +622178846632
Email : adm.marketing@denatapersada.co.id

Kunjungi Website kami yang lain

HUBUNGI KAMI

Kantor Pusat
Griya Denata, Jl. Salihara No 42 B, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 7807224
Telp : (021) 7807224

E – Mail : adm.marketing@denatapersada.co.id
denatapersada@yahoo.com
Whats App : 087889294037
BBM Channel : C00496B3A
Facebook : Penangkal Petir
Twitter : _penangkalpetir
Instagram : pt.denatapersada86
Youtube : PT. Denata Persada

SERVICES

REFERENSI PROJECT

Untuk Penawaran Dan permintaan Instalasi sistem proteksi anti petir, silahkan isi Form

Contact us



Connecting...
created by TelegramWordpress.com
error: Content is protected !!