Efek Gaya Elektrodinamik

  • 0

Efek Gaya Elektrodinamik

Dalam hal amplitudo, gaya yang diterapkan, besaran gaya elektrodinamik F(t) proporsional dengan kuadrat arus  i(t)². Dalam hal peningkatan stress dalam struktur SPP mekanik, yang dinyatakan oleh perkalian dari deformasi elastis dan konstanta elastis k dari struktur SPP, dua efek ini harus dipertimbangkan. Frekuensi mekanis alami (terkait dengan perilaku plastis) adalah parameter yang paling penting. Selain itu, dalam banyak kasus, efek gaya gesek pad struktur juga sangat penting.

 

Amplitudo getaran dari struktur SPP elastis yang disebabkan oleh suatu gaya elektrodinamik disebabkan oleh arus petir, dapat dievaluasi dengan menggunakan persamaan diferensial orde dua. Faktor kuncinya adalah rasio antara durasi impuls arus dan periode osilasi alami mekanis dari struktur SPP. Kondisi khas yang ditemui dalam aplikasi SPP adalah periode osilasi alami dari struktur jauh lebih lama dibandingkan dengan gaya yang diberikan (durasi impuls arus petir). Dalam hal ini stres mekanis, maksimum terjadi setelah penghentian impuls arus dan memiliki nilai puncak yang tetap lebih rendah dari gaya yang diterapkan. Namun, pada kebanyakan kasus, stres mekanis maksimum dapat diabaikan.

 

Deformasi plastis yang terjadi ketika tegangan tarik melebihi batas elastis suatu material. Jika bahan yang menyusun struktur SPP lunak, misalnya untuk alumunium atau tembaga anil, gaya elektrodinamis dapat merusak konduktor di sudut- sudut dan di loop. Komponen SPP, karenanya harus dirancang untuk menahan gaya ini dan menunjukan perilaku elastis.

 

Stres mekanik total yang diterapkan pada struktur SPP tergantung pada integral waktu dari gaya yang diterapkan dan oleh karenanya pada energi spesifik yang terkait dengan arus impuls. Hal ini juga tergantung pada bentuk impuls arus dan durasinya (dibandingkan dengan periode osilasi alami struktur). Sehingga, semua parameter yang mempengaruhi ini harus diperhitungkan selama pengujian.

 

  • Kerusakan akibat kejutan gelombang akustik

Ketika arus petir mengalir dalam busur, sebuah gelombang kejut diihasilkan. Tingkat keparahan kejut tergantung pada nilai arus puncah dan laju kenaikan arus tersebut.

 

Secara umum, kerusakan karena gelombang kejut akustik tidak signifikan pada bagian logam dari SPP tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada benda- benda disekitarnya.

 

 

 

 

  • Efek gabungan

Dalam prakteknya, kedua efek termal dan mekanik terjadi secara bersamaan. Pemanasan pada bahan komponen- komponen (batang, klem, dll) sudah cukup untuk melunakkan bahan, tetapi kerusakan mekanik akan jauh lebih besar dapat terjadi jika dibandingkan dengan sebaliknya. Dalam kasus yang ekstrem, konduktor bisa menyatu secara eksplosif dan menyebabkan kerusakan besar pada struktur sekitarnya. jika penampang logam cukup aman menahan seluruh akibat, maka hanya integritas mekanik yang perlu diperiksa.

 

  • Percikan

Percikan umumnya tidaklah penting bagi komponen SPP. Dua jenis percikan yang berbeda dapat terjadi, yaitu percikan termal yang terjadi ketika arus sangat tinggi dipaksa untuk melewati sambungan diantara dua bahan penghantar. Kebanyakan percikan termal terjadi di dekat tepi bagian dalam pada sambungan (jika tekanan antar muka terlalu rendah), ini dikarenakan kepadatan arus yang tinggi dan tekanan antar muka yang tidak memadai. intensitas percikan termail ini terkait dengan energi spesifik, oleh karena itu fase paling kritis dari petir adalah sambaran kembali yang pertama (first return stroke). Percikan voltase terjadi ketika arus melalui jalur yang berbelit, misalnya melalui bagian dalam sambungan, seperti jika voltase induksi melampaui voltase tembus antara bagian logam. Voltase induksi sebanding dengan induktasi diri, dikalikan dengan kecuraman arus petir. Kebanyakan komponen petir yang paling penting dalam percikan voltase adalah sambaran negatif berikutnya.


About Author

Penangkal Petir

PT. Denata Persada
Office : Griya Denata, Jl. Salihara no.42 B pasar minggu jakarta selatan 12540,
Telp : 021- 78847212, 021-7807224 , 021-26722525
Fax : 021- 78846632, 021-45589897
E-mail Corporate : denatapersada@yahoo.com
E-Mail Marketing : adm.marketing@denatapersada.co.id

Leave a Reply

Login Forum


Denata


Penangkal Petir

Selamat Datang di website PT.Denata persada. Kami adalah perusahaan kontraktor yang bergerak di industri sistem penangkal petir. Dan kami telah berpengalaman sejak tahun 1986 untuk menangani ribuan proyek di Indonesia.

Untuk Penawaran Dan permintaan Instalasi sistem proteksi anti petir,silahkan isi Form:

Harga Penangkal Petir

atau hubungi kami di line telp:

Kantor Pusat : +622157957616
Kantor Operasional : +622178847212 / +62217807224
Fax Kantor Pusat : +622157957626
Fax Kantor Operasional : +622178846632
Email : adm.marketing@denatapersada.co.id

Kunjungi Website kami yang lain

Hubungi Kami

Kantor Pusat
Menara Palma Lt. 23-05, Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-2 Kav G, Kuningan, Jakarta Selatan
Telp : (021) 57957616 / (021) 57957626

Kantor Operasional
Griya Denata, Jl. Salihara No 42 B, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 7807224
Telp : (021) 7807224

E - Mail : adm.marketing@denatapersada.co.id
denatapersada@yahoo.com
Whats App : 087889294037
BBM Channel : C00496B3A
Facebook : Penangkal Petir
Twitter : _penangkalpetir
Instagram : pt.denatapersada86
Youtube : PT. Denata Persada

SERVICES

REFERENSI PROJECT

Untuk Penawaran Dan permintaan Instalasi sistem proteksi anti petir, silahkan isi Form

Contact us



Connecting...
created by TelegramWordpress.com
error: Content is protected !!